Jalan Menuju Hutan Mangrove

Jalan Menuju Hutan Mangrove

Kotawates.com, Kulon Progo – Hutan Mangrove Pantai Congot, terletak di ujung paling barat sisi selatan Kabupaten Kulonprogo. Tepatnya di dusun Pasir mendit Jangkaran, Temon, Kulonprogo. Lokasi hutan mangrove ini, berada di sekitar muara sungai Bogowonto perbatasan antara DIY dan Jawa Tengah.

Dari Yogyakarta, pengunjung dapat melawati Jalan Raya Wates-Purworejo dengan mengikuti penunjuk arah menuju pantai Congot. Sesampai di Jalan Raya Dendels, pengunjung masih harus terus ke barat hingga melalui jembatan sungai Bogowonto. Sekitar seratus meter dari jembatan sungai Bogowonto, pengunjung hanya tinggal masuk ke arah selatan menuju pantai mengikuti petunjuk yang telah ada.

Meski masih dalam satu kawasan dengan pantai Congot, lokasi hutan mangrove ini memang berada di sisi sebelah barat sungai Bogowonto. Sementara pantai Congot sendiri berada di sisi sebelah timur sungai Bogowonto.

“Scara administratif keduanya, baik pantai Congot maupun hutan mangrove masih masuk dalam wilayah Temon, Kulonprogo DIY,” ujar sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Pantai Congot, Dwi Purnami.

Sampai saat ini, kawasan hutan mangrove pantai Congot, masih dikelola secara swadaya oleh beberapa kelompok wisata setempat. Untuk dapat memasuki kawasan hutan mangrove ini pengunjung hanya dikenai tarif masuk Rp3000 per orang ditambah ongkos parkir kendaraan.

Meski terbilang baru, sejumlah sarana dan prasarana seperti kamar mandi, serta lokasi parkir baik roda dua maupun roda empat sudah tersedia di tempat wisata ini. Sejumlah lapak bangunan semi permanen, berupa warung-warung makan juga sudah nampak banyak berdiri disekitar lokasi wisata hutan mangrove ini.

Sumber : Krjogja.com


Call Center,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Wisata Yogyakarta Murah dan Lengkap - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger