Wisata Jogja, Menikmati Sejuknya Nuansa Hutan Pinus Kalilo dengan 10 tempat Selfie Yang Menarik

Menikmati Sejuknya Nuansa Hutan Pinus Kalilo dengan 10 tempat Selfie Yang Menarik

WisataMurah Yogyakarta ExploreWisata.com @xplore.wisata explorejogja exploreindonesia

ExploreWisata.Com Pemandu Wisata Yogyakarta
Biro Perjalanan Wisata Yogyakarta

Rental Avanza, Innova, ELF, Micro Bus, Big Bus, Paket Wisata Murah,
Gua Pindul, Gua Kalisuci, Tebing Breksi, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Punthuk Setumbu, Puncak Suroloyo, Castel Kaliurang, Lava Jeep Merapi, Pantai Parangtritis

085.643.455.685

Menikmati Sejuknya Nuansa Hutan Pinus Kalilo dengan 10 tempat Selfie Yang Menarik

Menikmati Sejuknya Nuansa Hutan Pinus Kalilo dengan 10 tempat Selfie Yang Menarik
tribunjogja/gilang satmaka
Hutan Pinus Kalilo 
 
TRIBUNJOGJA.COM - Wisata hutan pinus sudah mulai banyak muncul di Daerah Istimewa Yogyakarta, Terutama di daerah Bantul dan sekitarnya.

Namun siapa sangka bahwa di perbatasan Kulonprogo dan Purworejo juga mempunyai tempat wisata hutan Pinus yang asri dan tak kalah menawan.

Terletak di Dusun Kalilo, Telogoguo, Kali Gesing Purworejo, Hutan Pinus Kalilo menjadi altetnatif wisata alam lainnya yang dapat anda kunjungi.

Hutan Pinus yang baru dibuka sekitar lima bulanan itu, mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
Hutan Pinus Kalilo
Hutan Pinus Kalilo (tribunjogja/gilang satmaka)
Menurut Walyunianto, selaku kepala pengelola hutan pinus Kalilo, hutan pinus tersebut sebenarnya sudah dibuka pada awal 2017 ini.

"Tahun 2017 sebenarnya sudah mulai dibuka, namun baru dikelola dengan baik sekitar 5 bulanan. Awalnya kami pengelola, membuka akses jalan menuju hutan pinus, lalu karang taruna mulai membuka tempat tersebut sebagai kawasan wisata," paparnya.

Karang taruna yang aktif mengelola hutan pinus Kalilo, awalnya juga belum yakin jika kawasan tersebut akan ramai pengunjung, namun seiring berjalannya waktu mereka semakin semangat mengembangkan tempat tersebut karena pengunjung mulai berdatangan ke hutan pinus Kalilo yang mereka kelola.

Walyunianto juga mengatakan bahwa, kawasan wisata hutan pinus tersebut dikelola langsung oleh para pemuda dusun Kalilo.

 Nama kawasan ini sengaja kami beri nama Hutan Pinus Kalilo, agar nama desa kami tersebut juga bisa dikenal masyarakat. Dan hingga saat ini karang taruna yang aktif mengelola tempat ini berjumlah 8 orang," tambahnya.
Hutan Pinus Kalilo
Hutan Pinus Kalilo (tribunjogja/gilang satmaka)
Dalam mengelola hutan pinus tersebut menjadi salah satu objek wisata, butuh banyak perjuangan bagi Walyunianto.

"Perjuangan mengelola hutan pinus ini sempat menjadi hal sangat pahit dalam hidup saya, banyak komentar miring dari banyak warga yang sering saya terima. Namun justru dengan komentar-komentar tersebut malah menjadi motivasi bagi saya dan kawan-kawan,untuk lanjut terus mengembangkan tempat wisata hutan pinus Kalilo ini," jelasnya.

Usah yang terus diperjuangkan oleh karang taruna dusun Kalilo dalam mengembangkan tempat wisata Hutan pinus tersebut masih banyak naik turun.

Walaupun sedikit ada bantuan yang datang seperti akses jalan masuk yang dibantu oleh pihak RT, namun proposal yang diajukan ke pihak Perhutani hingga saat ini belum mendapat tanggapan apapun.

Memasuki lokasi Hutan Pinus Kalilo, anda bisa menikmati udara sejuk di bawah rindangnya pepohonan Pinus yang berjajar rapi.
Hutan Pinus Kalilo
Hutan Pinus Kalilo (tribunjogja/gilang satmaka)
Sejuknya udara di lereng pegunungan bisa anda nikmati di pagi hari, selain itu cahaya matahari pagi memendarkan semburat kuning yang eksotis menembus celah-celah dahan pepohonan.

Kicauan burung di pagi hari, serta keramahan penduduk sekitar menjadi daya tarik tersendiri ketika mengunjungi kawasan wisata tersebut.

10 Spot selfie unik juga bisa anda jumpai di kawasan wisata hutan pinus Kalilo tersebut.

Panorama alam dari ketinggian, memperlihatkan kemegahan jajaran bukit menoreh yang hijau nan asri. Batuan-batuan besar di sisi atas hutan pinus tersebut, menjadi spot selfie favorit bagi para pengunjung.

Selain itu spot-spot selfie buatan juga menjadi alternatif lain bagi para pengunjung di hutan pinus Kalilo.
Hutan Pinus Kalilo
Hutan Pinus Kalilo (tribunjogja/gilang satmaka)
Menurut Walyunianto, deretan pepohonan pinus yang rapi tersebut, terdiri dari dua jenis pohon pinus, yaitu pinus Merkusi dengan dua sampai tiga daun pada tiap rantingnya, serta pinus Orkava dengan lima daun pada setiap rantingnya.

Sampai saat ini tiket masuk ke lokasi hutan pinus Kalilo tersebut masih dipungut biaya sukarela. sedangkan untuk biaya parkir kendraan roda dua sebesar Rp. 2000.

Lahan parkir yang luas menjadi salah satu tempat yang juga nyaman untuk beristirahat, warung-warung kecil disekitar tempat parkir juga bisa menjadi alternatif bersantai bagi para pengunjung.

Untuk menuju ke Hutan Pinus Kalilo, dari kota Yogyakarta , anda bisa melalui jalan Godean menuju kebarat arah Kulonprogo. Lalu hingga sampai Perempatan Kenteng masih lurus terus, hingga ke Goa Kiskendo.

Dari situ anda lurus ke arah barat kurang lebih 1,7 KM, dan ikuti papan penunjuk jalan menuju hutan pinus Kalilo. (*)


Sumber,
http://jogja.tribunnews.com


Media lainnya,,,
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Wisata Yogyakarta Murah dan Lengkap - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger